Berita

Mantan Ketua Hadiri Pelantikan

12 Februari 2012

Harian Umum Tabengan,

KUALA KURUN

Diharap mampu mengatur dan memfungsikan semua alat kelengkapan dewan sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing, sesuai peraturan dalam Tata Tertib dewan. Rapat paripurna istimewa dengan agenda tunggal pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan terhadap Ketua DPRD Gunung Mas (Gumas) terpilih H Gumer menggantikan posisi Lily Rusnikasi, yang dipandu langsung Ketua Pengadilan Negeri Palangka Raya Hendra Situmorang, berjalan lancar.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan pembukaan rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Andar Ardie, didampingi Beni R Rasa, kemudian dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang No.188.44/40/2012 tentang peresmian pengangkatan H Gumer sebagai  pengganti antar waktu (PAW) Ketua DPRD Gumas periode 2099-2014, masa jabatan 2012-2014.

Pembacaan SK dilakukan Sekretaris Dewan Tonikson S Emond, disaksikan Bupati Gumas Hambit Bintih dan Wakil Bupati Arton S Dohong. Dalam sambutannya, Ketua DPRD Gumas H Gumer meminta dukungan dari semua pihak, baik yang berasal dari kalangan internal dewan maupun dari kalangan eksekutif, sehingga pelaksanaan tugas sesuai dengan fungsi dan kewenangan, dilaksanakan maksimal dalam rangka membangun Kabupaten Gumas secara bersama-sama.

“Saya menerima kepercayaan ini,  dan akan melaksanakan tugas sesuai fungsi dan kewenangan yang telah diatur dalam peraturan tata tertib serta ketentuan lainnya,” ungkap Gumer, Jumat (10/2) pagi. Dikemukakan Gumer, sebagai pejabat baru, dirinya berharap kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif yang berjalan harmonis, disamping jalinan kerja sama antara sesama anggota dewan.

Dia berharap, mampu mengatur dan memfungsikan semua alat kelengkapan dewan sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing yang diatur dalam peraturan Tata Tertib (Tatib), baik itu tugas, fungsi serta kewenangan pimpinan Badan Musyawarah (Bamus), Komisi-Komisi, Badan Kehormatan (BK), Badan Anggaran (Banggar) maupun  alat kelengkapan dewan yang lain.

Sementara itu, Bupati Gumas Hambit Bintih dalam kesempatan tersebut mengatakan, DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat, di mana berkedudukan dalam unsur penyelenggara pemerintahan daerah, memiliki fungsi sangat penting dan signifikan,  yakni fungsi legislasi, anggaran serta pengawasan.

Hal ini menandakan, tanggung jawab dan kewajiban seluruh anggota DPRD secara khusus Kabupaten Gumas sangat besar, sebab setiap tanggung jawab dan keputusan yang diambil merupakan cerminan dari amanat rakyat yang diberikan untuk dilaksanakan. “Besar harapan kita dengan adanya pergantian dan pemilihan Ketua DPRD yang baru diharapkan manajemen DPRD dapat berjalan lebih efektif, dalam artian peran serta fungsi DPRD berjalan lebih optimal,” harapnya.

Rapat paripurna tersebut disaksikan oleh seluruh anggota DPRD Gumas, termasuk mantan Ketua DPRD Gumas sebelumnya Lily Rusnikasi, Pengurus DPD PDI-Perjuangan Provinsi Kalteng, Ketua TP-PKK Rusiati Hambit Bintih, Ketua GOW Apristini AS Dohong, Wakapolres Kompol Hari Brata, Komandan Kodim 1011/Klk Letkol Armed Mochamad Erwansjah, Kajari Bambang Supriyambodo, Kepala Dinas, Badan, Camat, dan seluruh tamu undangan lainnya. c-wtr

Berita Lainnya :

17 April 2014

PDI-Perjuangan Gumas Pastikan Raih 9 Kursi

15 April 2014

Pelaksanaaan Pemilu Legislatif Berlangsung Aman

15 April 2014

KPU Mulai Terima Kotak Suara dari PPK

14 April 2014

14 Anggota DPRD Tak Hadir, Sidang Paripurna Dibatalkan

14 April 2014

Pejabat Bupati Pantau Pelaksanaan UN