Pariwisata • Wisata Budaya

Rumah Betang Temanggung Singa Kenting/Betang Tumbang Korik

Rumah Betang “Temanggung Singa Kenting” ini merupakan Betang peninggalan Suku Dayak Ot Danum yang merupakan asli pedalaman di Hulu Sungai Kahayan. Betang tersebut berada di Desa Tumbang Korik Kecamatan Kahayan Hulu Utara Kabupaten Gunung Mas dan diperkirakan dibangun pada awal abad ke-19. Kawasan Betang ini menempati areal seluas 1 hektar dengan kelerengan mencapai 5% hingga 20%.

Untuk mencapai Betang Toyoi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat melalui jalan darat, dengan jarak tempuh ± 93,27 km dari Kota Kuala Kurun s/d Tumbang Miri, kemudian dilanjutkan mengunakan ferry penyebrangan melewati sungai kahayan menuju Desa Tumbang Korik.

Sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang yang tersedia dilokasi Betang masih sangat kurang. Sejumlah rumah penduduk dan betang itu sendiri terlihat masih asli dan berusia ratusan tahun. Dihuni oleh keluarga ahli waris dan menyimpan sebuah meriam kuno. Ditengan Betang terdapat sebuah tiang besar yang konon merupakan pemberian orang gaib pada masa pembangunannya.

Daya tarik betang terletak pada kondisi betang yang masih asli dan kehidupan Suku Dayak Ot Danum sebagaimana jaman dahulu. Dinding dan atap bangunan yang terbuat dari kayu dan kulit kayu masih alami dan masih terjaga kondisinya. Keberadaan hutan dan rimbunnya pepohonan menambah indahnya suasana dan kesejukan alam sekitarnya.